Keutamaan Sahur

 

Sahur adalah waktu makan sebelum fajar yang dilakukan oleh umat Muslim ketika menjalankan ibadah puasa. Sahur memiliki keutamaan dan manfaat yang penting bagi kesehatan dan ibadah puasa, di antaranya:

1. Meningkatkan stamina

Sahur memberikan energi bagi tubuh yang akan membantu meningkatkan stamina dan ketahanan tubuh sepanjang hari saat berpuasa.

2. Menjaga kesehatan

Sahur membantu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah tubuh dari dehidrasi serta menurunkan risiko munculnya gangguan kesehatan seperti sakit kepala, pusing, dan kelelahan.

3. Mendapatkan keberkahan

Sahur adalah waktu yang sangat dirahmati oleh Allah SWT. Dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda: 

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِى السَّحُورِ بَرَكَةً

"Makanlah sahur, karena dalam sahur terdapat keberkahan." (HR. Bukhari no. 1923 dan Muslim no. 1095) Dengan sahur, seseorang akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

4. Menambah pahala

Sahur juga memiliki keutamaan dalam ibadah puasa karena makan sahur dapat meningkatkan pahala yang diperoleh saat menjalankan puasa. Rasulullah SAW bersabda, 

السُّحُورُ أَكْلُهُ بَرَكَةٌ فَلاَ تَدَعُوهُ وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جَرْعَةً مِنْ مَاءٍ فَإِنَّ اللَّهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

"Sahur itu adalah makanan yang penuh berkah, maka janganlah kalian meninggalkannya, meskipun hanya dengan teguk air, karena sesungguhnya Allah dan para malaikatnya bershalawat untuk orang yang makan sahur." (HR. Ahmad 3: 44. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih lighoirihi)

5. Meningkatkan ibadah

Dengan sahur, seseorang akan mendapatkan tenaga yang cukup untuk menjalankan ibadah selama bulan Ramadhan, seperti berpuasa, shalat tarawih, dan membaca Al-Quran.

6. Menjaga tradisi Nabi Muhammad SAW

Sahur merupakan salah satu tradisi Nabi Muhammad SAW yang dilakukan selama bulan Ramadhan. Oleh karena itu, dengan melakukan sahur, seseorang juga turut menjaga tradisi Rasulullah SAW.

Jadi, sahur memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi kesehatan dan ibadah puasa. Sebaiknya, janganlah melewatkan waktu sahur saat berpuasa dan manfaatkan waktu tersebut untuk memperoleh keberkahan dari Allah SWT.

Foto oleh FOX

Posting Komentar

0 Komentar

Ads