Ibadah-Ibadah Utama di Bulan Suci Ramadhan

 

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat istimewa dan diberkahi dalam agama Islam. Allah SWT memberikan banyak keistimewaan dan keutamaan dalam bulan Ramadhan, termasuk memperbanyak pahala bagi setiap amal kebaikan yang dilakukan oleh umat muslim. Berikut adalah beberapa kebaikan yang dilipatgandakan di bulan Ramadhan:

1. Puasa

Puasa adalah ibadah yang wajib dilaksanakan oleh setiap umat muslim pada bulan Ramadhan. Dalam hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, 

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعمِائَة ضِعْفٍ ، قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ : إِلَّا الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ

"Setiap amalan anak Adam dilipatgandakan pahalanya, satu kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan, sampai dengan tujuh ratus kali lipat. Allah Ta'ala berfirman: kecuali puasa, karena puasa itu adalah untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan memberikan balasannya. Seseorang meninggalkan makanannya, minumannya, dan syahwatnya demi-Ku." (HR. Muslim)

2. Shalat Tarawih

Shalat tarawih merupakan ibadah sunnah yang dilakukan pada bulan Ramadhan. Rasulullah SAW bersabda, 

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

"Barangsiapa yang melakukan shalat di malam hari di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Sedekah

Sedekah adalah amalan kebaikan yang dianjurkan di bulan Ramadhan. Dalam hadis riwayat Abdullah bin Mas'ud, Rasulullah SAW bersabda, 

الصدقةُ تُطفئُ الخطيئةَ كما يُطفئُ الماءُ النارَ

"Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air yang memadamkan api." (HR. Tirmidzi)

4. Berbuka Puasa bagi Orang yang Berpuasa

Memberikan makanan kepada orang yang berpuasa di bulan Ramadhan juga merupakan amalan kebaikan yang dianjurkan. Rasulullah SAW bersabda, 

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

"Barangsiapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga." (HR Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192, Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih)

5. Membaca Al-Qur'an

Membaca Al-Qur'an adalah ibadah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan. Rasulullah SAW bersabda,

عن ابن مسعود رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : «مَنْ قَرَأ حَرْفاً مِنْ كِتاب الله فَلَهُ حَسَنَة، والحَسَنَة بِعَشْرِ أمْثَالِها، لا أقول: ألم حَرفٌ، ولكِنْ: ألِفٌ حَرْفٌ، ولاَمٌ حَرْفٌ، ومِيمٌ حَرْفٌ».  

Ibnu Mas’ūd -raḍiyallāhu 'anhu- berkata, Rasulullah -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam- bersabda, “Siapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur`ān) maka baginya satu pahala kebaikan, dan satu pahala kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat, aku tidak mengatakan bahwa alif lām mīm itu satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, lām satu huruf, dan mīm satu huruf.”  (HR. Tirmidzi)

Dalam bulan Ramadhan, Allah SWT sangat memperbanyak pahala bagi setiap amal kebaikan yang dilakukan oleh umat muslim. Oleh karena itu, bulan Ramadhan merupakan kesempatan yang sangat baik bagi umat muslim untuk memperbanyak ibadah dan amal kebaikan, serta mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.

Foto oleh Anna Tarazevich

Posting Komentar

0 Komentar

Ads