Dalil Tentang Puasa Ramadhan

  

Puasa Ramadan adalah salah satu kewajiban penting dalam agama Islam. Berikut adalah beberapa dalil tentang puasa Ramadan:

1. Firman Allah dalam Al-Qur'an Surah Al-Baqarah ayat 183: 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

2. Rasulullah saw bersabda, 

بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ ، وَ إِقَامِ الصَّلَاةِ وَ إِيْتَاءِ الزَّكَاةِ ، وَ حَجِّ الْبَيْتِ ، وَ صَوْمِ رَمَضَانَ . رواه البخاري و مسلم .

"Islam dibangun di atas lima perkara: persaksian bahwa tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, pergi haji, dan puasa di bulan Ramadhan'". (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

3. Rasulullah saw bersabda,

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah, niscaya dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni" (HR. Bukhari dan Muslim).

4. Rasulullah saw bersabda, 

وَالصِّيَامُ جُنَّةٌ وَإِذَا كَانَ يَوْمُ صَوْمِ أَحَدِكُمْ فَلَا يَرْفُثْ وَلَا يَصْخَبْ فَإِنْ سَابَّهُ أَحَدٌ أَوْ قَاتَلَهُ فَلْيَقُلْ إِنِّي امْرُؤٌ صَائِم

"Puasa itu adalah perisai. Ketika seseorang di antara kalian sedang berpuasa, janganlah dia berkata kotor dan janganlah dia bertindak sembrono. Jika ada orang yang mencela atau berdebat dengannya, katakanlah, 'Aku sedang berpuasa'" (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari dalil-dalil tersebut, dapat disimpulkan bahwa puasa Ramadan adalah salah satu kewajiban dalam agama Islam yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim. Puasa Ramadan bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan seseorang kepada Allah, membersihkan diri dari dosa, dan mendapatkan pahala yang besar dari Allah.


Posting Komentar

0 Komentar

Ads